PTK : MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
(PBL) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X-E MAN 12 JAKARTA BARAT TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstraksi
Oleh : Mukhobir
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam kurikulum Madrasah Aliyah merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk mempersiapkan siswa mengetahui, memahami dan menghayati Sejarah Kebudayaan Islam. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menyajikan banyak materi hafalan yang dapat menyebabkan kebosanan dan
penurunan kualitas, terutama dalam hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan strategi pembelajaran aktif yang dapat membangkitkan dorongan siswa dalam belajar. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning.
Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui apakah metode Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-E di Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta Barat, (2) Untuk mengetahui apakah pengimplementasian metode Problem Based Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat membina karakter religius siswa kelas X-E di Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta Barat. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang dimiliki oleh Kurt Lewin yang memiliki 4 tahapan, diantaranya: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi/pengamatan, dan (4) Refleksi.
Hasil yang ditunjukkan oleh penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pengimplementasian metode Problem Based Learning yaitu menyusun modul ajar, menyusun bahan/materi ajar, menyiapkan materi ajar dan membuat LKPD. (2) Pengimplementasian metode Problem Based Learning dilakukan 2 tahap siklus dengan pra-tindakan dan post test pasca tindakan di siklus I dan siklus II yang dapat membina karakter religius siswa. (3) Evaluasi pengimplementasian metode Problem Based Learning yaitu adanya peningkatan hasil belajar pada siswa. Pada
pra-tindakan, rata- rata hasil belajar siswa 69,55 dengan 11 siswa tuntas dan 27 siswa belum tuntas, pada post test I, rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,85 dengan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu pada hasil belajar siswa di siklus pertama yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 17 siswa tuntas dan 21 siswa belum tuntas. Dan pada post test II, rata-rata hasil belajar siswa 87,94 dengan 33 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Prestasi Belajar, SKI
Baca lebih lengkap Klik Disini